7 Tempat Wisata Seru Di Kota Balikpapan

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Kota Minyak atau yang lebih dikenal dengan nama kota Balikpapan merupakan sebuah daerah yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. Sebagai salah satu kota yang sedang berkembang, Balikpapan adalah daerah dengan segudang tempat wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata religi sampai wisata sejarah. Jika anda sudah bosan dengan tempat-tempat wisata di pulau Jawa, anda dan keluarga bisa mencoba untuk menjelajahi wilayah Kalimantan, salah satunya dengan mengunjungi kota Balikpapan. Sebagai referensi, berikut 7 tempat wisata asik dan seru di kota Balikpapan yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

  • Taman Bekapai

Sebagai wujud kebanggaan atas kota yang memiliki sumber daya alam berupa minyak bumi ini, dibangunlah sebuah taman cantik yang terletak di jantung kota Balikpapan. Di taman ini terdapat sebuah monumen perunggu berupa patung berbentuk abstrak dengan air mancur di dalamnya. Dengan tata pencahayaan yang tepat, air mancur ini terlihat mirip seperti semburan minyak bumi, terutama saat malam hari. Anda bisa menikmati suasana malam kota Balikpapan sambil duduk di bangku-bangku yang sekelilingnya dihiasi oleh pepohonan rindang. Taman kota ini juga terdapat fasilitas wifi gratis, dan menjadikannya salah satu spot nongkrong favorit bagi para anak muda Balikpapan.

  • Wisata Militer Angkasa Air Softgun Area

Area yang luas, ditambah dengan suasana alam yang asri, membuat tempat ini sangat menyenangkan sebagai tempat bermain air soft gun. Bagi anda yang menyukai olahraga pemacu adrenalin seperti air soft gun, anda bisa coba untuk bermain bersama perkumpulan pecinta air soft gun Balikpapan yang bernama Beruang Madu Airsoft Detacement (BBMAD).

  • Taman Tiga Generasi

Ini adalah salah satu taman kota yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan, baik oleh para wisatawan maupun masyarakat sekitar. Taman yang diperuntukkan untuk keluarga ini menyediakan refleksi kaki batu timbul yang cocok bagi para orang tua yang ingin melancarkan peredaran darah.

7 Tempat Wisata Seru Di Kota Balikpapan - Photo Prokal.co

7 Tempat Wisata Seru Di Kota Balikpapan – Photo Prokal.co

  • Rumah Adat Balikpapan

Rumah Panjang atau Rumah betang merupakan rumah adat tradisional Balikpapan. Tercatat pernah ada sekitar 10 keluarga yang mendiami rumah adat ini, artinya ada sekitar lebih dari 50 orang secara bersama-sama hidup dan tinggal satu atap di dalam rumah adat ini. Berkunjung ke tempat ini, selain menjadi spot unik untuk ber-swafoto, Anda juga bisa sekaligus belajar sejarah kebudayaan Balikpapan.

  • Pasar Inpres Kebun Sayur

Terletak di jalan Letjen Suprapto, pasar ini hanya berjarak sekitar satu jam perjalanan dari bandara. Jangan kaget jika pasar ini tidak sesuai namanya, di pasar ini, anda tidak akan menemukan sayur mayur. Pasar ini justru menjual berbagai macam suvenir khas Kalimantan, mulai dari gantungan kunci, miniatur rumah adat Dayak, gelang, kalung sampai mandau. Terdapat pula beberapa jenis cinderamata yang bisa dijadikan pilihan, antara lain kerajinan dari manik-manik, batu permata, batik, juga kerajinan tradisional khas Dayak (seperti Mandau dan senjata tradisional lainnya). Di sini tersedia pula makanan khas yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh, salah satunya amplang kuku macan.

  • Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung ini berada diĀ  wilayah antara Balikpapan – Samarinda. Seperti yang sudah kita ketahui, pulau Kalimantan memang terkenal dengan hutan hujan tropisnya yang masih lebat. Hutan Kalimantan juga merupakan sebagian dari paru-paru dunia. Oleh karena itu, sudah selayaknya keberadaan hutan ini harus terus dilestarikan agar keseimbangan alam dapat tetap terjaga. Di hutan lindung seluas 10 ribu ha ini juga merupakan habitat alami dari beberapa fauna yang dilindungi seperti orangutan, beruang madu, bekantan, dan lain-lain.

  • Penangkaran Buaya Teritip

Tempat penangkaran buaya ini hanya berjarak sekitar 27 km saja dari jantung kota Balikpapan. Tempat penangkaran seluas 5 ha ini sudah dibuka sejak tahun 1991 silam, adapun jumlah buaya yang terdapat di penangkaran ini mencapai 3.000 ekor dan terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya buaya air tawar, buaya supit dan buaya muara. Koleksi buaya di penangkaran ini dinilai jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan penangkaran sejenis yang berada di Asam Kumbang, kota Medan. Salah satu atraksi menarik yang bisa anda nikmati di tempat ini adalah, anda bisa ikut memberi makan buaya dengan sajian seekor ayam utuh. Anda pun bisa membeli ayam dengan harga 10.000 rupiah per ekor.

Berkunjung ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya, tentu akan membuat pengalaman baru yang seru untuk anda sekeluarga. Sebelum memutuskan untuk menikmati liburan di Balikpapan, terlebih dahulu lihat harga tiket pesawat murah Citilink yang menyediakan jalur penerbangan menuju kesana. Cek harga tiket pesawat Citilink melalui situs Reservasi.com saja. Selamat berlibur!

 

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *