5 Planet Kembali Berbaris Rapi

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0
5 Planet Kembali Berbaris Rapi

5 Planet Kembali Berbaris Rapi

Kejadian di luar angakasa memang selalu menarik untuk diikuti info – infonya. Banyak sekali kejadian di luar angkasa yang pasti akan mudah menjadi viral di kalangan masyarakat. Hal yang paling sering bisa kita lihat adalah berbagai jenis fenomena yang terjadi pada satelit Bumi kita, yaiut Bulan. Fenomena – fenomena yang pernah terjadi pada Bulan antara lain ialah Super Moon dan juga Bulan  Merah.

Tentu saja luar angkasa bukan hanya tentang Bulan saja. Begitu banyak benda – benda luar angkasa yang selalu bisa  menjadi perhatian dunia. Salah satu fenomena luar angkasa yang cukup langka akan kembali bisa kita saksikan dari Bumi ini. Fenomena itu adalah berbarisnya lima planet yang ada di sistim tata surya ini dalam gari lurus dan sejajar. Kejadian yang cukup langka ini katanya bisa dinikmati dan dilihat cukup dengan mata telanjang.

Melihat benda luar angkasa dengan mata telanjang tentu tak akan mudah bila kita melakukannya pada siang hari. Untungnnya kabarnya fenomena kali ini akan terjadi setelah mahari terbenam di ufuk barat. Setelah terbenamnya matahari nantinya 5 planet yaitu Saturnya, Jupiter, Mars, dan Venus kemudian Merkurius akan berbaris layaknya orang yang sedang mengantre. Kelima planet tersebut akan benar- benar berada sejajar lurus di angkasa nantinya dan lebih beruntungnya berbarisnya planet – planet ini terjadi di malam hari.

Alan Duffy yang seorang astronom dari Universitas Teknolgi Australia mengemukakan jika fenomena ini bisa terjadi sebab pada dasarnya selurung sistim tata surya kita ini bebentuk seperti layaknya sebuah piringan. Dekatnya jarak beberapa planet seperti planet Merkurius dan Venus dengan Matahari tentu akan membuat kita kesulitan melihat mereka pada saat siang hari. Makanya kita sangat beruntung kali ini karena fenomena ini terjadi pada malam hari.

Ia menambahkan jika kelima planet tersebut akan perlahan – lahan membentang dan terlihat berbaris di atas cakrawala ketika matahari mulai terbenam. Tentu tiap tempat akan berbeda waktunya untuk bisa melihat fenomena ini.

Akan tetapi ia berpendapat kalau waktu yang tepat menonton fenomena ini ialah di akhir bulan depan nanti, bulan Agustus pada pukul 19.00 untuk daerah Australia. Sementara untuk daerah Amerika dan juga Eropa akan bisa dilihat dengan cukup baik ketika waktu sudah menunjukan pukul 21.00. Jarak suatu wilayah yang makin jauh dengan katulistiwa biasanya akan punya kesempatan lebih sidikit untuk bisa melihat fenomena tersebut.

Fenomena yang sema juga pernah terjadi pada tahun lalu, tepatnya antara tanggal 20 – 21 Januari 2015 dimana kelima planet tersebut juga berada sejajar. Akan tetapi saat itu sejajarnya planet – planet tersebut terjadi secara bertahap dan untuk bisa benar -benar menikmatinya kita membutuhkan teleskop. Berbeda dengan fenomena akhir agustus besok yang bisa kita saksikan dengan mata telanjang.

Maka dari itu, Duffy mengatak agar jangan sampai melewatkan momen yang tergolong langka ini.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *