4 Tips Menciptakan Kebiasaan Membaca

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Meskipun sudah banyak yang mengetahui manfaat membaca itu banyak misalnya menambah pengetahuan, meperbarui cara kita berkomunikasi dan menimbulkan sikap positif dalam hidup namun banyak juga yang belum bisa membangun budaya membaca sendiri. Dengan segala kesibukan banyak orang yang kekurangan waktu untuk sekedar duduk mengambil buku dan membacanya.

Nah, jika urbaners termasuk yang ingin membaca namun sulit untuk memulainya Dr Josie Billington, wakil direktur Pusat Penelitian Membaca di Universitas Liverpool, dan Sue Wilkinson, CEO of The Reading Agency, sebuah badan amal Inggris yang mengembangkan dan memberikan program-program untuk mendorong orang untuk membaca, mempunyai 5 tips sederhana yang Anda bisa langsung memulainya selesai membaca artikel ini.

1. Baca Yang Sesuai Minat Anda.

Bacalah baik majalah, buku atau artikel yang sesuai dengan minat Anda. Jangan terpikir semuanya harus dibaca. Jangan habiskan waktu membaca tema yang Anda tidak sukai.

“Anda dapat membaca majalah, artikel website, buku-buku masakan, atau buku anak-anak yang dapat membantu Anda berlatih membaca. Sibuk memikirkan apa yang harus Anda baca malah akan menghentikan hasrat untuk membaca”

Baca :

Manfaat Membaca Yang Belum Banyak Diketahui
Buku dan Sejarah Panjangnya
Industri Buku Cetak Masih Jauh Dari Kiamat

2. Sediakan Minimal 30 Menit Dalam Seminggu Untuk Membaca

Billington mencatat bahwa dua dari lima orang dalam sebuah penelitian cepat mengatakan kurangnya waktu sebagai halangan untuk membaca. Namun penelitian yang sama menyebutkan bahwa orang dewasa yang hanya menghabiskan waktu 30 menit untuk membaca merasa kehidupan mereka lebih baik 20%.

“Jadi, Anda bisa memulianya dan menyisihkan beberapa menit saat menunggu bus, atau dikereta” ujar Billington.

3. Mulai Tantang Diri Anda

Jika dua tahapan diatas sudah dilalui maka saatnya menantang diri Anda. Jika Anda biasanya membaca fiksi, misalnya, coba beralih itu dengan non-fiksi. Hal ini akan membuat hal-hal baru dan segar yang memungkinkan Anda menemukan penulis favorit baru.

“Ini akan mengembangkan keterampilan Anda dan membantu Anda menemukan sesuatu yang baru” ujar Wilkinson.

4. Jangan Tamatkan Bila Anda Tidak Menikmatinya

Jika suatu buku yang sedang dibaca Anda tidak merasa menikmatinya maka tutup dan tinggalkan. Jangan memaksa diri membaca sesuatu yang Anda tidak nikmati.

“Almarhum Doris Lessing benar saat mengatakan bahwa Anda jangan terpaku dengan buku yang Anda tidak menikmatinya” ujar Billington. “Membaca adalah pengalaman individual, dan buku menawarkan pengalaman berbeda pada orang yang berbeda.

Kabarkan Obrolan IniShare on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *